Search

AS Akan Hapus Nama Tokoh Konfederasi

Awal November nanti, jalan bebas hambatan Jefferson Davis yang melalui Alexandria, Virginia di Amerika Serikat akan mendapatkan nama baru setelah dewan kota itu memutuskan untuk mengganti nama presiden Konfederasi tersebut.

Tetapi, wilayah tetangganya di Arlington tidak mampu melakukan perubahan serupa, meskipun para pejabat daerah ini ingin mengikuti langkah Alexandria.

Perbedaannya adalah tidak seperti Alexandria, secara teknis Arlington adalah county yang berada dibawah pemerintahan negara bagian, bukan kota adminsitratif. Peraturan negara bagian Virginia menyebutkan pergantian nama jalan besar tidak bisa dilakukan tanpa izin dari anggota perwakilan rakyat negara bagian.

Negara Konfederasi adalah persatuan 11 negara bagian yang mendukung perbudakan yang dibentuk pada 1861-1865. Saat ini, Konfederasi dipandang sebagai simbol rasisme dan diskriminasi, sehingga muncul upaya menghapus seluruh simbol yang ada. 

AS Coba Hapus Nama Tokoh KonfederasiPatung Presiden Konfederasi Jefferson Davis di Memphis, Amerika Serikat yang menjadi monumen kejayaan negara Konfederasi pada 1861-1865.Foto: REUTERS/Brian Snyder
Peraturan dan birokrasi menghalangi keinginan para pejabat di banyak negara bagian AS menghapus nama-nama Konfederasi sebagai nama jalan, sekolah dan monumen yang muncul setelah terjadi kekerasan di Charlottsville, Virgina.

Pada 12 Agustus, aksi turun ke jalan yang diselenggarakan kelompok nasionalis kulit putih yang memprotes rencana memindahkan patung Jenderal Konfederasi bernama Robert E. Lee dari taman umum berakhir dengan kekerasan.

Bentrokan di kota itu menewaskan satu orang ketika satu mobil menabrak kelompok pengunjuk rasa anti-fasis.

Kekerasan ini meningkatkan perdebatan terkait simbol-simbol Konfederasi. Sebagian warga memandang simbol itu sebagai simbol kebencian dan rasis, sementara kubu lawan mengatakan simbol tersebut merupakan warisan wilayah Selatan AS dan monumen bagi tentara yang tewas dalam perang saudara AS.

AS Coba Hapus Nama Tokoh KonfederasiPatung tokoh negara Konfederasi AS yang dipindahkan dari Univesitas Austin, Texas karena permintaan masyarakat. REUTERS/Stephen Spillman
Pada sejumlah kasus, peraturan daerah diterapkan secara bertahap. Di Austin, Texas yang merupakan benteng liberal di jantung negara bagian yang didominasi Partai Republik, dewan kota baru-baru ini mulai proses mengubah nama Jalan Robert E. Lee dan Jeff Davis.

Undang-Undang di Austin mewajibkan semua orang yang memiliki properti di jalan itu untuk diberi tahu. Jika ada satu warga yang keberatan, dewan kota harus menyelenggarakan dengar pendapat terbuka.

Sementara itu, para ahli teknis jalan raya, pemadam kebakaran dan kepolisian kota itu harus mengkaji ulang rencana penggantian nama bersama dengan perusahaan gas setempat dan juga kantor pos AS.

“Proses yang melibatkan semua pihak,” kata Ann Kitchen, anggota Dewan Kota Austin.

Disetujui warga

Di Dallas, Badan Pendidikan Independen kota akan mengambil keputusan terkait usul mengganti nama sejumlah sekolah yang mempergunakan nama jenderal Konfederasi pada 14 September.

Dalam aturan yang ada, kebijakan dewan pendidikan itu merinci prosedur pemberian atau penggantian nama satu fasilitas: Usul itu harus diajukan oleh sekolah dan harus didukung setidaknya oleh satu anggota asosiasi guru-orang tua. Aturan itu juga mewajibkan “komite pengambilan keputusan berdasarkan lokasi.”

Kebijakan ini juga mengatur agar perubahan harus dipertimbangkan setelah 1 April menjelang akhir tahun ajaran setiap tahun.

Presiden Dewan Sekolah Dan Micciche mengatakan bahwa proses ini sangat rumit. Sehingga, setelah terjadi insiden di Charlotesville, badan ini akan membicarakan langkah menghapus sebagian dari kebijakan agar upaya penggantian nama bisa lebih cepat.

AS Coba Hapus Nama Tokoh KonfederasiPatung Jenderal Stonewall Jackson salah satu komandan pasukan negara Konfederasi AS yang menjadi salah satu monumen yang ingin dipindahkan dari taman publik. (REUTERS/Marcus Constantino)
Sebagian otoritas lokal merasa kewenangan mereka dipotong oleh pihak yang lebih tinggi.

Di Decatur, Georgia, sejumlah warga memuntut agar satu monumen Konfederasi dipindahkan, tetapi monumen itu dimiliki oleh Dekalb County, bukan kota Decatur. Lagipula, peraturan negara bagian melarang pemindahan monumen-monumen Konfederasi.

Hal serupa dialami oleh negara bagian North Carolina, Virginia, Mississippi dan Alabama. Semua melarang pemindahan monumen bersejarah.

Langkah ini akan berujung pada langkah hukum yang akan memakan waktu lama hingga dicapai satu keputusan.

Di Arlington, Ketua Dewan Kota Jay Fisette mengeluarkan pernyataan yang mengecam “terorisme domestik” dalam insiden Charlottesville. Dia mengakui, ada keinginan dari warga untuk mengganti nama jalan bebas hambatan Jefferson Davis dan Lee.

Dalam percakapan lewat telepon, Fisette mencatat bahwa negara bagian telah meminta anggota parlemen daerah mengubah nama dua tahun lalu namun ditolak, dan akan mengajukan kembali usul itu.

“Saya berharap, setelah insiden di Charlottesville, para anggota dewan akan mengabulkan usulan itu,” imbuhnya. </span> (yns)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan AS Akan Hapus Nama Tokoh Konfederasi : http://ift.tt/2xCpdpz

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Akan Hapus Nama Tokoh Konfederasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.