Search

Rudal Korut Lintasi Jepang Pertama Kali dalam 19 Tahun

Peluncuran peluru kendali Korea Utara melintasi wilayah udara Jepang pagi ini, Selasa (29/8), menjadi peristiwa pertama sejak langkah serupa dilakukan pada 1998 lalu.

Malah, saat itu yang diluncurkan hanya sebatas kendaraan peluncur satelit, bukan rudal balistik seperti kali ini.

Satu kali lagi percobaan serupa yang hendak dilakukan Korut terjadi pada 2009. Namun, upaya itu gagal dan proyektilnya jatuh di Samudra Pasifik.

David Wright, wakil direktur Program Keamanan Global di Union of Concerned Scientists, mengatakan eskalasi ini bisa jadi sinyal yang sangat berbahaya.

Alasannya, Korut selama bertahun-tahun ini telah bertindak secara sangat berhati-hati untuk menghindari Jepang.

Selama ini, kata Wright, Korut terpaksa menguji coba dengan jalur lintasan yang sangat tinggi dan meluncurkan satelitnya ke arah selatan. Pilihan tersebut tidak efisien jika dibandingkan meluncurkan ke arah timur.

"Ini bakal membuat Amerika Serikat semakin sulit mendapatkan dukungan Jepang untuk diplomasi, sayangnya, tepat ketika situasi memanas," ujarnya, dikutip CNN.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan peluncuran itu "bisa membahayakan kedamaian dan keamanan di kawasan Asia-Pasifik. Ini juga sangat berbahaya dan bermasalah dalam hal keamanan pesawat dan kapal-kapal."

"Peluncuran ini jelas melanggar resolusi PBB. Kami tidak bisa menolerir provokasi berulang oleh Korut. Kami mengecam dengan sangat keras."

Walau demikian, Pentagon menyatakan rudal itu masih belum bisa mengancam daratan utama AS.

Juru bicara Pentagon, Kolonel Robert Manning mengatakan "Komando Pertahanan Amerika Utara (NORAD) menyimpulkan peluncuran rudal dari Korea Utara tidak mengancam Amerika Utara," kata juru bicara Pentagon, Kolonel Robert Manning kepada wartawan.

Manning dan pemerintah Korsel menyatakan militer AS masih mengumpulkan dan menganalisis informasi lebih jauh."

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Rudal Korut Lintasi Jepang Pertama Kali dalam 19 Tahun : http://ift.tt/2vmEIFx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rudal Korut Lintasi Jepang Pertama Kali dalam 19 Tahun"

Post a Comment

Powered by Blogger.