Search

RI dan Malaysia Akan Bangun Pos Militer Bersama di Perbatasan

Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia dan Malaysia akan membangun pos militer di sekitar daerah perbatasan bersama untuk mengantisipasi bahaya terorisme dan kejahatan lintas batas lainnya.

“Kami sepakat mendirikan pos perbatasan yang akan dikendalikan oleh pasukan bersama Indonesia dan Malaysia,” ujar Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zahrain Mohamed Hashim, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (13/12).

Zahrain mengatakan, pos ini sangat dibutuhkan dalam menjaga keamanan di perbatasan, bukan hanya untuk menghindari penetrasi teror, tapi juga penyelundupan narkoba dan manusia.

“Pos perbatasan ini akan melibatkan semua ranah militer, termasuk darat, laut, dan udara,” ucap Zahrain.

Namun, Zahrain belum mendapatkan kepastian mengenai jumlah dan lokasi pos tersebut akan didirikan.

Menurut Zahrain, pendirian pos perbatasan ini merupakan bagian dari kerangka kerja sama trilateral antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina yang disepakati pada akhir tahun lalu untuk mencegah perompakan kapal di perairan sekitar tiga negara tersebut.

Isu perompakan ini menjadi sorotan setelah sejumlah nelayan dari Indonesia dan Malaysia menjadi korban perompakan di sekitar perairan Sulu dan Sabah oleh kelompok militan Abu Sayyaf.

Sejumlah awak kapal kemudian disandera dan disekap di daerah Mindanao, Filipina Selatan.

Para pejabat Malaysia, Indonesia, dan Filipina lantas mengadakan pertemuan dan sepakat untuk mengadakan patroli terkoordinasi di perairan antara ketiga negara. (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan RI dan Malaysia Akan Bangun Pos Militer Bersama di Perbatasan : http://ift.tt/2z877PW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RI dan Malaysia Akan Bangun Pos Militer Bersama di Perbatasan"

Post a Comment

Powered by Blogger.