Search

AS Siap Jamin Keamanan Korut jika Mau Denuklirisasi

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 20:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyatakan pihaknya siap menjamin keamanan Korea Utara seandainya negara terisolasi itu rela melucuti senjata nuklirnya.

Dalam konferensi pers jelang pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un, Senin (11/6), Pompeo menyatakan Washington siap menyediakan jaminan keamanan yang "secara fundamental berbeda dari sebelumnya."

Pompeo tak menjelaskan lebih lanjut jaminan seperti apa yang ia maksud. Saat ini, AS punya puluhan ribu pasukan di Korea Selatan, negara tetangga Korut yang secara resmi masih berstatus sebagai musuh perang.

Korea Utara sebelumnya telah mengonfirmasi mau menjalani proses denuklirisasi. Dikutip Straits Times, Pompeo mengatakan "kami ingin melihat apakah kata-kata itu terbukti tulus."


Pompeo mengatakan sanksi masih akan diterapkan pada Korea Utara hingga denuklirisasi tercapai. Demikian dia sampaikan kepada wartawan di JW Marriot Hotel, Singapura.

Trump dan Kim dijadwalkan bertemu Selasa pagi. Ini akan jadi kali pertama dalam sejarah pemimpin AS dan Korea Utara bertemu secara langsung.

Hubungan antara kedua negara sempat memanas saat Korut melakukan serangkaian uji coba peluru kendali dan nuklir sepanjang 2017. Trump dan Kim pun saat itu silih hina hingga mengancam perang.

Hubungan membaik setelah Kim mendadak menyatakan berniat damai dengan Korea Selatan. Kesepakatan antara kedua negara berperang diikuti kesediaan Korut untuk menggelar dialog tingkat tinggi dengan Amerika Serikat.

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan AS Siap Jamin Keamanan Korut jika Mau Denuklirisasi : https://ift.tt/2l4x7DY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Siap Jamin Keamanan Korut jika Mau Denuklirisasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.