Search

Politisi Belanda Gelar Lomba Karikatur Nabi Muhammad

Jakarta, CNN Indonesia -- Partai anti-imigran di Belanda, Partai Kebebasan akan menggelar lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad.

Partai tersebut adalah partai pimpinan Geert Wilders yang dikenal tak hanya anti-imigran tetapi juga anti-Islam. Geert Wilders.

Wilders yang kerap menuai kecaman akibat pernyataan anti-Islamnya tersebut mengumumkan bahwa partainya akan menggelar kompetisi di kantornya yang terletak di Parlemen Belanda, Selasa (12/6).


Partai tersebut mengklaim rencana lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad itu telah disetujui oleh Badan Anti-Terorisme Belanda NCTV.

Di masa lalu, kartun yang menggambarkan karikatur Nabi Muhammad telah memicu respons keras dari umat muslim di seluruh dunia.

Pada 2015, 12 staf media Perancis, Charlie Hebdo, ditembak mati karena telah mempublikasikan gambar karikatur Nabi Muhammad yang dianggap menghina Islam.


Pada 2005, puluhan gambar karikatur Nabi Muhammad yang diterbitkan sebuah koran Denmark memicu aksi protes di seluruh dunia.

Partai Kebebasan Belanda yang dipimpin Wilders terdongkrak posisinya, dari partai yang tak pernah diperhitungkan menjadi partai terbesar kedua di Parlemen setelahp pemilu Maret lalu.

Dalam kampanyenya, Wilders menyuarakan agar Belanda tidak lagi menerima imigran atau pencari suaka dari negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim. Wilders juga mengkampanyekan anti-jilbab di tempat umum, bahkan melarang ucapan khas muslim yang dianggap melanggar ketertiban umum.


Dia juga menjanjikan untuk melarang Al-Qur'an, menutup masjid-masjid serta sekolah-sekolah Islam. Wilders dalam kampanyenya juga menginginkan agar Belanda keluar dari Uni Eropa.

"Kebebasan berbicara terancam, terutama bagi para kritikus Islam," kata Wilders dalam sebuah pernyataan yang dilansir situs berita Israel, Haaretz. "Kita seharusnya tidak pernah menerima itu. Kebebasan berbicara adalah kebebasan kita yang paling penting."

Dalam lomba akhir tahun ini tersebut yang menjadi juri adalah kartunis asal Amerika Bosch Fawstin. Dia adalah pemenang lomba karikatur Nabi Muhammad di Garland, Texas, pada Mei 2015.

(nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Politisi Belanda Gelar Lomba Karikatur Nabi Muhammad : https://ift.tt/2JzBDZH

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Politisi Belanda Gelar Lomba Karikatur Nabi Muhammad"

Post a Comment

Powered by Blogger.