Search

Trump Sebut Kim Jong-un Janji Hancurkan Situs Uji Coba Rudal

Singapura, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa pemimpin tertinggi Korea utara, Kim Jong-un, berjanji akan menghancurkan situs uji coba peluru kendali. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Trump di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6).

"Korea Utara telah menghancurkan sebuah situs uji coba rudal besar," kata Trump dalam jumpa pers beberapa jam setelah pertemuan dengan Kim selesai.

Meski isu penutupan situs uji coba rudal Korut tak masuk dalam kesepakatan yang diteken Trump dan Kim hari ini. Namun, Trump meyakinkan bahwa keduanya sepakat bahwa Korut tetap harus menutup fasilitas uji coba peluru kendali tersebut.


"Kami berdua menyepakati hal itu setelah penandatanganan perjanjian. Dia [Kim] ingin melakukannya [penutupan situs uji coba rudal]."

Dalam kesempatan itu, Trump kembali menekankan "perjanjian komperhensif" yang berhasil ditandatangani dia dan Kim hari ini.

Presiden AS ke-45 itu mengatakan perjanjiannya dengan Kim ini merupakan yang salah satu kesepakatan yang sangat penting dan signifikan.

Trump turut menyindir para pendahulunya dengan mengatakan bahwa perjanjian seperti ini bisa dicapai AS di masa pemerintahan sebelumnya.


"Ini bukan masa lalu. Ini bukan lah pemerintahan lain AS yang tidak pernah bisa menyelesaikan masalah ini. Korut berhasil menghancurkan situs uji coba rudalnya, ini merupakan hal besar," kata Trump.

Setelah bertemu untuk pertama kalinya, Trump dan Kim kembali melakukan terobosan dalam hubungan AS-Korut dengan menandatangani sebuah perjanjian.

Perjanjian itu berisikan empat poin yang terdiri dari komitmen kedua negara melucuti senjata nuklir di Semenanjung Korea.

[Gambas:Video CNN]

Trump mengatakan proses denuklirisasi akan dilakukan dengan cepat meski belum merinci seperti apa langkah detailnya.

Selain itu, dalam kesepakatan tersebut Trump dan Kim juga berjanji mulai membangun hubungan baru AS-Korut dan meminta Pyongyang segera mengembalikan seluruh tahanan politik asing, terutama yang berasal dari negara sekutunya seperti Korea Selatan dan Jepang.

(nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Trump Sebut Kim Jong-un Janji Hancurkan Situs Uji Coba Rudal : https://ift.tt/2JFZpiy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Sebut Kim Jong-un Janji Hancurkan Situs Uji Coba Rudal"

Post a Comment

Powered by Blogger.