Search

Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Dituduh Aksi Teroris

Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria dengan sengaja menabrakan mobil ke arah pejalan kaki dan pengendara sepeda sebelum menabrak penghalang jalan di parlemen Inggris dalam aksi yang tampaknya merupakan serangan teroris kedua ke gedung parlemen negara ini dalam 18 bulan.

Polisi mengatakan pengemudi kendaraan itu, seorang pria berusia 20 tahun, ditangkap oleh petugas yang berjaga di lokasi sesaat setelah mobilnya menabrak pagar pengaman gedung Parlemen Inggris pada Selasa (14/8).

Kepala plisi kontra-terorisme Inggris mengatakan tersangka menolak bekerja sama dengan para detektif.


"Berdasarkan fakta itu tampaknya ini merupakan aksi sengaja. Metode yang digunakan, sasaran yang terkenal. Untuk itu kami memperlakukan insiden ini sebagai aksi terorisme," kata Asisten Komisaris Polisi London Neil Basu pada wartawan.

BBC yang mengutip sumber mengatakan bahwa tersangka berasal dari kota Birmingham dan meski tidak masuk dalam pengawasan MI5, badan intel dalam negeri Inggris, dia sudah pernah berurusan dengan polisi.

"Di tahap penyelidikan saat ini, tidak ada tersangka lain di tempat kejadian perkara yang diidentifikasi atau dilaporkan ke polisi," kat Basu. "Tidak ada laporan intelijen terkait ancaman lanjutan terhadap warga London dan juga warga Inggris yang terkait dengan insiden ini."

Polisi megnatakan satu mobil Ford Fiesta berwarna perak menabrak sekelompok pengendara sepeda dan pejalan kaki di jam sibuk pagi hari sebelum menabrak pagar pengaman di depan Gedung Parlemen pada pukul 06.37 GMT.

Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Dituduh Aksi TerorisPolisi segera dikerahkan ke tempat lokasi kejadian dan menutup jalanan di sekeliling gedung parlemen Inggris, London. (Reuters/Hannah McKay)
Rekaman kamera memperlihatkan kendaraan itu salah mengambil jalan sebelum tancap gas menyebrang ke sisi berlawanan dan ke arah jalur keamanan gedung parlemen sebelum menabrak pagar pengaman.

Dua polisi tampak bergerak menghindari mobil itu.

Basu mengatakan tersangka ditangkap dengan tuduhan pelanggaran terorisme dan tidak ada senjata yang ditemukan.

Dua orang dibawa ke rumah sakit dan satu perempuan masih dirawat karena luka serius yang tidak membahayakan nyawanya.

Polisi segera mendatangi lokasi dan menutup sebagian besar lokasi di sekeliling gedung parlemen yang terletak di pusat kota London dan merupakan daerah wisata yang ramai dikunjungi turis.

Ini merupakan serangan kedua ke Gedung Parlemen setelah pada Maret 2017, Khalid Masood menewaskan empat orang di Jembatan Westminster yang terletak dekat Gedung Parlemen. Dia kemudian menusuk seorang polisi di halaman gedung parlemen sebelum ditembak mati. (yns)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Dituduh Aksi Teroris : https://ift.tt/2MclKd3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Dituduh Aksi Teroris"

Post a Comment

Powered by Blogger.