Search

Korsel Berencana Kirim Pasukan untuk Gulingkan Kim Jong-un

Korsel telah mematangkan strategi pengiriman pasukan khusus untuk menyelinap ke Korea Utara dan menggulingkan sang pemimpin tertinggi, Kim Jong-un.

"[Inti dari rencana baru ini] adalah mengirimkan pasukan udara dan Marinir untuk menyusup ke Pyongyang dan dengan cepat menggulingkan rezim Korea Utara," ujar seorang sumber militer Korsel kepada Chosun Ilbo, Selasa (29/8).

Salah satu strategi yang sudah disusun untuk menggulingkan rezim tersebut adalah dengan membunuh sejumlah pejabat penting di Korut.

Susunan rencana ini sudah diserahkan kepada Presiden Korsel, Moon Jae-in, tak lama sebelum Korut meluncurkan peluru kendali balistik yang melintasi Jepang dan jatuh di Samudera Pasifik kemarin.

Sejak awal menjabat, Moon merupakan sosok pemimpin yang selalu menggaungkan cara damai untuk mendekati Korut. Namun setelah diberi penjelasan oleh Kementerian Pertahanan mengenai ancaman Korut, Moon pun mulai berubah sikap.

Sebagaimana dikutip dalam pernyataan resmi Istana Kepresidenan Korsel, Moon bahkan menyatakan, "Mendorong reformasi struktur militer agar dapat langsung siaga jika Korut melakukan provokasi yang melewati batas atau menyerang ibu kota."

Kini, Korsel memang sudah memiliki kerja sama pertahanan dengan AS untuk menghadapi Korut. Namun, butuh waktu beberapa bulan lagi hingga semua perkakas pertahanan bantuan dari AS tiba di Korsel.

Jika Korut menyerang Korsel sebelum alat pertahanan AS siaga, Seoul pun sudah menyiapkan sejumlah langkah pertahanan. Tak hanya mempertahankan diri, Korsel juga menyusun langkah penyerangan.

Sumber tersebut menjelaskan, Korsel bahkan sudah menentukan lebih dari 1.000 titik di Korut yang akan menjadi sasaran rudal negaranya jika Pyongyang kembali berulah.

"Jika Korut fokus pada pengembangan nuklir dan rudal ketimbang senjata konvensional, maka kami juga harus memiliki rencana balasan serupa," ucap Moon sebagaimana dikutip Chosun Ilbo. </span> (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Korsel Berencana Kirim Pasukan untuk Gulingkan Kim Jong-un : http://ift.tt/2wngYy8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korsel Berencana Kirim Pasukan untuk Gulingkan Kim Jong-un"

Post a Comment

Powered by Blogger.