Search

Korut Luncurkan Rudal Lewati Jepang

Pentagon mengonfirmasi bahwa Korea Utara telah meluncurkan sebuah peluru kendali yang terbang melewati langit Jepang, Selasa (29/8).

"Rudal yang diluncurkan oleh Korea Utara terbang di atas Jepang," kata juru bicara Pentagon Kolonel Angkatan Darat Rob Manning. "Kami masih dalam proses meninjau peluncuran tersebut."

Para kepala staf gabungan Korea Selatan menyatakan Korea Utara "menembakkan proyektil tak dikenal" dari daerah dekat Sunan, Pyongyang, ke arah timur dari Semenanjung Korea, dan "terbang melalui Jepang."

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan rudal tersebut terbang melalui Tanjung Erimo di Hokkaido, dan diperkirakan jatuh di Samudra Pasifik, sekitar 1.180 kilometer di timur Tanjung Erimo.

Peluncuran itu terjadi pada 5:57 waktu setempat.

"Kami mesti katakan bahwa peluncuran oleh Korea Utara pagi ini adalah ancaman paling serius dan mengerikan untuk kita, karena rudal itu melewati wilayah udara kita," kata Suga kepada wartawan dalam konferensi pers yang dikutip NHK, sebagaimana dilaporkan CNN.

"Ini bisa membahayakan kedamaian kita dan keamanan di kawasan Asia Pasifik. Ini juga sangat berbahaya dan bermasalah dalam hal keamanan pesawat dan kapal-kapal."

"Peluncuran ini jelas merupakan pelanggaran resolusi PBB. Kami tidak bisa mentoleransi provokasi berulang yang dilakukan Korut ini. Kami mengecam keras."

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan "kami segera kumpulkan informasi dan analisis, dan mengambil semua langkah memungkinkan untuk memastikan keamanan warga." </span> (aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Korut Luncurkan Rudal Lewati Jepang : http://ift.tt/2wYe455

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korut Luncurkan Rudal Lewati Jepang"

Post a Comment

Powered by Blogger.