Search

Menlu RI: Rudal Korut Akan Dibahas di Sidang Majelis Umum PBB

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan bahwa uji coba peluncuran peluru kendali Korea Utara akan dibahas dalam sidang majelis umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bulan depan.

"Hampir semua Menlu akan di sidang umum dan saya yakin masalah Korea Utara ini akan menjadi bahasan di pertemuan September," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (29/8).

Pemerintah Indonesia mengecam peluncuran terbaru yang dilakukan Korut pada Selasa ini karena melewati ruang udara negara lain dan membahayakan jalur penerbangan.

Proyektil ini disebut melintasi Hokkaido, pulau paling utara Jepang, dan jatuh di Samudera Pasifik.

Rudal ini diluncurkan beberapa hari setelah Pyongyang menguji coba tiga rudal jarak pendek pada akhir pekan lalu.

Hal ini dinilai sebagai provokasi minim atas latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Menurut Retno, peluncuran rudal ini bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016), 2356 (2017), dan 2371 (2017).

Retno mengatakan, Indonesia selalu konsisten dengan sikapnya yang tak ingin melihat satu negara terus menerus melanggar resolusi DK PBB.

Akibat coba rudal ini, Korut dijatuhi sejumlah sanksi oleh DK PBB. Sanksi terakhir pada 5 Agustus lalu, memangkas sepertiga pemasukan ekspor Korut yang bernilai US$3 juta per tahun. </span> (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Menlu RI: Rudal Korut Akan Dibahas di Sidang Majelis Umum PBB : http://ift.tt/2vA5MNA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu RI: Rudal Korut Akan Dibahas di Sidang Majelis Umum PBB"

Post a Comment

Powered by Blogger.