Search

Pasca Teror, Kemlu Imbau WNI di Barcelona Waspada

Kementerian Luar Negeri mengimbau warga negara Indonesia di Barcelona, Spanyol, untuk meningkatkan kewaspadaan pasca teror mobil yang menewaskan 13 orang di kawasan Las Ramblas pada Kamis (17/8).

"Pemerintah kembali mengingatkan kepada WNI khususnya yang berada di Barcelona, Spanyol untuk meningkatkan kewaspadaan, mempelajari perkembangan keadaan/situasi tempat-tempat yang akan dituju, dan menghindari tempat-tempat yang dapat menjadi target aksi teror," demikian pernyataan Kemlu, Jumat (18/8).

Meski demikian, Kemlu memastikan bahwa tak ada WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut. Merujuk pada data Kemlu, ada 1.620 WNI di Spanyol, 120 di antaranya berada di Barcelona.

"Bagi WNI yang membutuhkan bantuan KBRI di Madrid dapat menghubungi Hotline Perlindungan WNI KBRI Madrid : +34619312380. Alamat KBRI Madrid: Calle de Agastia, 65, 28043, Madrid," tulis Kemlu RI.

Sementara itu, otoritas Spanyol sendiri masih terus menyelidiki aksi teror ini. Kepala Kepolisian Catalonia, Josep Lluis Trapero, mengatakan bahwa aksi ini bermula ketika seorang pria menabrakkan mobilnya ke kerumunan orang di Las Ramblas sekitar pukul 16.50 waktu setempat

Menurut Trapero, aksi ini terjadi ketika kawasan itu sedang disesaki pejalan kaki. Insiden ini pun merenggut 13 nyawa dan melukai sekitar 100 orang lainnya. Di antara korban tewas tersebut terdapat sejumlah warga asing, termasuk Belgia.

Sebagaimana dilansir AFP, polisi sudah membekuk dua orang yang diduga terkait dengan insiden ini. Namun, mereka masih memburu sopir yang menabrakkan mobil ke kerumunan itu.

Tak lama setelah insiden itu, kelompok militan ISIS langsung mengklaim bertanggung jawab. Melalui media propaganda mereka, Amaq, ISIS menyatakan bahwa ini merupakan aksi balas dendam terhadap negara koalisi Amerika Serikat.

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, pun memerintahkan kepolisian untuk memperkuat keamanan pasca teror tersebut. Rajoy juga meminta polisi menangkap seluruh pelaku yang diduga terlibat dalam teror di Las Ramblas. </span> (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Pasca Teror, Kemlu Imbau WNI di Barcelona Waspada : http://ift.tt/2fRnYzj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasca Teror, Kemlu Imbau WNI di Barcelona Waspada"

Post a Comment

Powered by Blogger.