Search

Pesawat Bom Nuklir AS Terbang Dekati Korut

Korea Selatan menyatakan angkatan udaranya melaksanakan latihan bersama dengan dua pesawat pengebom nuklir Amerika Serikat di atas Semenanjung Korea, Kamis (31/8), dua hari setelah peluru kendali Korea Utara diluncurkan melintasi Jepang.

Latihan yang melibatkan dua pengebom supersonik B-1B itu dilaksanakan di akhir latihan bersama tahunan yang berfokus pada simulasi komputer. Selain pesawat tersebut, diberitakan Reuters, latihan juga melibatkan empat jet tempur siluman F-35B dan sejumlah model lain milik Korea Selatan.

Korea Utara dengan keras menentang latihan yang dinilai sebagai persiapan invasi itu. Merespons, Pyongyang meluncurkan serangkaian ancaman dan peluncuran rudal dalam beberapa pekan ke belakang.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah merespons dengan ancamannya sendiri. Ia bersumpah bakal memberi Korut "api dan kemarahan" jika terus mengusik AS dan pasukannya "siap menyerang" jika ada provokasi lebih lanjut.

Pada Rabu, Trump menyatakan "bicara bukan jawaban" dari perseteruan dengan Korea Utara.

"Amerika Serikat telah berbicara dengan Korea Utara dan membayar mereka uang hasil pemerasan, selama 25 tahun," kata Trump melalui akun Twitternya. Pada pekan lalu, ia baru saja mengatakan Korut "mulai menghargai" AS.

Walau demikian, Menteri Pertahanan Jim Mattis, ketika ditanya beberapa jam setelahnya, menampik Amerika telah kehabisan solusi diplomatik dalam menghadapi Korea Utara.

"Kami tidak pernah kehabisan solusi diplomatik," kata Mattis sebelum bertemu dengan Menhan Korea Selatan di Pentagon. "Kami terus bekerja sama, dan menteri (Korsel) dengan saya sama-sama bertanggungjawab menyediakan perlindungan bagi negara kita, populasi kita, dan kepentingan kita."

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera berbicara dengan Mattis via telepon dan sepakat untuk terus menekan Korut dalam bentuk "yang terlihat," kata Kemenhan Jepang.

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Pesawat Bom Nuklir AS Terbang Dekati Korut : http://ift.tt/2eH4s4M

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesawat Bom Nuklir AS Terbang Dekati Korut"

Post a Comment

Powered by Blogger.