Search

Ribuan Warga Rohingya Terjebak di Perbatasan

Ribuan warga Rohingya berupaya memasuki wilayah Bangladesh setelah terjadi aksi konflik bersenjata di Myanmar.

Pihak keamanan Bangladesh mengatakan ribuan warga Rohingya itu bergerak ke wilaya negara mereka akibat tindakan militer Myanmar di negara bagian Rakhine.

Hingga dua ribu warga Rohingya berkumpul di ‘titik nol’ yang menjadi tanda perbatasan kedua negara, namun mereka ditolak masuk oleh pihak Bangladesh.

Kantor berita AFP melaporkan bahwa banyak pengungsi ini terdampar di wilaya tak bertuan itu atau terpaksa kembali ke desa-desa tempat kelompok perlawanan Rohingya terlibat pertempuran dengan militer Myanmar.

“Semuanya adalah perempua dan anak-anak. Mereka batal masuk ke Bangladesh ketika melihat patroli (penjaga perbatasan),” kata Manzuru Hassan Khan, komandan pasukan penjaga perbatasan Bangladesh di kota Ukhia, seperti dikutip AFP.
Ribuan Warga Rohingya Terjebak di PerbatasanWarga Rohingya terpaksa melarikan diri dari desa-desa mereka akibat pertempuran antara kelompok perlawanan Rohingya dan militer Myanmar. (AFP Photo/Stringer)
Namun, wartawan AFP di lokasi melaporkan bahwa ratusan warga Rohingya berhasil melintasi perbatasan pada Sabtu (26/8) pagi ketika hujan deras membuat penjagaan di perbatasan berkurang.

Pemerintah Myanmar mengatakan bahwa jumlah korban tewas akibat serangan oleh kelompok perlawanan Rohingya pada Jumat (25/8) mencapai 96 orang.

Kantor berita Reuters mengutip pemerintah Myanmar yang mengatakan bahwa 80 anggota kelompok perlawanan Rohingya tewas sementara militer Myanmar kehilangan 12 tentara.

Serangan ini menjadi pertanda peningkatan konflik yang sudah dimulai sejak Oktober lalu ketika serangan serupa membuat militer Myanmar melakukan operasi besar-besaran.

Perlakuan terhadap sekitar 1,1 juta warga Rohingya di Myanmar menjadi masalah terbesar bagi Aung San Suu Kyi.

Pemimpin nasional negara itu mengecam serangan kelompok perlawanan Rohingya tersebut ke 30 pos polisi dan markas militer.

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian ini dikritik sejumlah pihak dari negara barat karena tidak membela warga rohingya yang minoritas ini, dan malah membela serangan balik militer pada insiden berdarah bulan Oktober lalu. </span> (yns)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ribuan Warga Rohingya Terjebak di Perbatasan : http://ift.tt/2gegNkC

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ribuan Warga Rohingya Terjebak di Perbatasan"

Post a Comment

Powered by Blogger.