Search

Teror Charlottesville, Gubernur Usir Kelompok Nasionalis

Gubernur Virginia Terry McAuliffe meminta kelompok nasionalis supremasi kulit putih pergi meninggalkan Charlottesville menyusul teror serangan mobil yang menewaskan satu orang dan melukai puluhan lainnya.

McAuliffe mengecam orang-orang yang datang ke kota perguruan tinggi ini untuk bergabung dalam gerakan demonstrasi kelompok kanan bertajuk "Unite the Right." Menurutnya, mereka tidak pantas mengaku-ngaku sebagai patriot.

"Mereka bangun pagi setiap hari untuk membenci orang-orang dan memecah-belah bangsa," kata McAuliffe ketika menghadiri acara doa di Charlottesville, Minggu (14/8).

Sehari sebelumnya, ia meminta para demonstran untuk pulang. Kini, Ia meningkatkan ancamannya.

"Mari kita sama-sama jujur, mereka mesti meninggalkan Amerika, karena mereka bukan warga Amerika," ujarnya, dikutip CNN.

Insiden terjadi pada Sabtu ketika pelaku menabrakkan sebuah mobil ke kerumunan orang yang menentang demonstrasi supremasi kulit putih di kota tersebut. Seorang perempuan berusia 32 tahun terbunuh dan 19 lainnya cedera, di mana lima orang kritis.

Peristiwa itu berawal ketika para demonstran penentang bertemu dengan kelompok sayap kanan, beberapa jam sebelum aksi dimulai. Bentrokan pecah dan polisi membubarkan massa.

Otoritas setempat menyebut demonstrasi itu ilegal dan gubernur menyatakan keadaan darurat. Dua jam setelah itu, mobil Dodge Challenger menabraki para demonstran penentang yang sedang berjalan kaki di pusat kota Charlottesville.

Pelaku kemudian memacu mobil tersebut dalam keadaan mundur dan kabur. Dia ditangkap pada sore harinya. </span> (aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Teror Charlottesville, Gubernur Usir Kelompok Nasionalis : http://ift.tt/2uBxMng

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Teror Charlottesville, Gubernur Usir Kelompok Nasionalis"

Post a Comment

Powered by Blogger.