Search

Indonesia Kecam Uji Coba Nuklir Korut

Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengecam Korea Utara setelah Pyongyang mengklaim berhasil meledakkan bom hidrogen atau senjata termonuklir pada Minggu (3/9).

"Indonesia mengecam uji coba senjata nuklir Korea Utara tanggal 3 September 2017. Uji coba bom nuklir melepaskan berbagai materi radioaktif ke berbagai kawasan yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan populasi dunia," bunyi pernyataan Kemlu RI yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (4/9).

Uji coba nuklir kemarin memang sempat menimbulkan guncangan gempa berkekuatan hingga 6,3 skala richter dan merupakan yang ke-6 kalinya dilakukan Korut sejak 2006 lalu. 

Pejabat Amerika Serikat yang mempelajari militer dan politik Korut mengatakan bahwa data seismik tentang getaran sedang dianalisis. Pejabat itu mengatakan, menurut analisis awal lokasi, diperkirakan akan ada uji coba nuklir lanjutan.

Kemlu RI menyatakan, tindakan Korut ini bertentangan dengan kewajiban Korut dalam resolusi-resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Indonesia sebagai negara peratifikasi Konvensi Anti Tes senjata Nuklir (CTBT) berkomitmen mendorong terciptanya dunia yang aman dari segala bentuk tes dan ledakan senjata nuklir," tulis Kemlu RI.

Uji coba ini merupakan provokasi terbaru Pyongyang setelah pada 29 Agustus lalu sempat meluncurkan peluru kendalinya hingga melewati wilayah udara Jepang dan memperkeruh ketegangan di kawasan.

Kemlu RI kembali menekankan pentingnya seluruh pihak untuk menahan diri demi menjaga stabilitas dan perdamaian di Semenanjung Korea, termasuk mewujudkan pelucutan senjata nuklir di kawasan tersebut. </span> (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Indonesia Kecam Uji Coba Nuklir Korut : http://ift.tt/2vXPUUf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Kecam Uji Coba Nuklir Korut"

Post a Comment

Powered by Blogger.