Search

Setelah 32 Tahun Diplomatik, Kosta Rika Buka Kedubes di RI

Kosta Rika akan segera membuka kedutaan besarnya di Jakarta setelah menjalin hubungan diplomatik selama 32 tahun dengan Indonesia.

Menteri Luar Negeri Manuel Gonzalez Sanz berharap dibukanya kantor perwakilan diplomatik tersebut bisa semakin mempererat dan memperluas kerja sama antarkedua negara khususnya dalam bidang perdagangan dan ekonomi.

"Saya merasa terhormat hari ini bisa datang ke Jakarta untuk bertemu dengan Menlu Retno Marsudi dan sekaligus dalam rangka membuka kantor Kedubes Kosta Rika di Jakarta yang telah direncanakan sejak 2015 lalu," papar Sanz usai melalukan pertemuan bilateral dengan Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (3/9).

Kosta Rika menjadi negara ke-12 di Amerika Latin dan Karibia yang membuka kantor diplomatik di Indonesia. Sanz berharap, dengan ini kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan bisa lebih dimaksimalkan lagi tak hanya secara bilateral tapi juga dalam forum internasional.


Salah satunya, tutur Sanz, mengenai kesamaan sikap dan pandangan antara San Jose dan Jakarta dalam beberapa isu global, salah satunya sama-sama mengecam provokasi nuklir dan rudal Korea Utara.

"Selain itu, kami juga menghargai upaya Indonesia yang mau menandatangani inisiatif pelarangan senjata nuklir yang baru-baru ini disepakati dan akan ditandatangani pada Sidang Umum PBB nanti di New York pada 20 September mendatang," kata Sanz.

Sementara itu, Menlu Retno pun menyambut niat baik pembukaan kantor diplomatik ini yang bisa menjadi pemicu penguatan kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Sejauh ini, tuturnya, volume perdagangan RI dan Kosta Rika belum signifikan. Meski begitu, terjadi peningkatan tren sebanyak 97 persen pada tahun 2016.


"Tren positif ini bisa jadi peluang sekaligus pemicu untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi," kata Retno.

Selain ekonomi, Indonesia dan Kosta Rika juga sepakat untuk menguatkan kerja sama dalam bidang pendidikan. Salah satunya dengan memperbesar peluang pertukaran pelajar antara kedua negara.

Dalam bidang energi, Indonesia pun ingin mencontoh Kosta Rika yang telah berhasil menggunakan 99 persen energi nasionalnya dari sumber daya terbarukan.

"Indonesia ingin memperkuat kerja sama antara masing-masing BUMN dalam hal energi terbarukan. Sebagian besar enegi Kosta Rika gunakan energi panas bumi dan Indonesia memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia. Ini bisa jadi kesempatan bagus untuk Indonesia," paparnya menambahkan. </span> (pmg)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Setelah 32 Tahun Diplomatik, Kosta Rika Buka Kedubes di RI : http://ift.tt/2eRPn0q

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Setelah 32 Tahun Diplomatik, Kosta Rika Buka Kedubes di RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.