Search

Jadi Anggota DK PBB, JK Sebut RI Fokus pada Perdamaian Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut Indonesia akan fokus pada perdamaian dunia usai terpilih kembali sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB). Sebagai anggota DK PBB, menurut JK, Indonesia harus aktif membahas dan menyelesaikan permasalahan di dunia.

"Seperti kejadian di Asia ini, mudah-mudahan pertemuan Korea Utara dan Selatan berhasil, berarti satu soal selesai. Kemudian upaya perdamaian Afghanistan, mudah-mudahan juga berjalan baik, demikian juga apa yang terjadi di Rohingya dan masalah lain yang selalu dibicarakan di PBB," ujar JK melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (12/6).


JK mengatakan anggota tidak tetap DK PBB merupakan posisi strategis mengingat PBB berperan penting menjaga perdamaian dunia. Jika tak terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB, kata dia, Indonesia hanya dapat mengikuti forum melalui majelis umum atau pun institusi PBB lainnya. Namun JK mengingatkan bahwa Indonesia memiliki tanggung jawab besar selama dua tahun ke depan.

"Jadi kita merasa ini bukan suatu kehormatan tapi tanggung jawab, karena dapat bicara langsung masalah-masalah di dunia," katanya.

Indonesia sebelumnya terpilih untuk keempat kalinya menjadi anggota tidak tetap DK PBB, Jumat (8/6). Indonesia menggantikan Kazakhstan yang masa keanggotaannya berakhir pada 31 Desember 2018. Indonesia juga pernah menjadi anggota tidak tetap DK PBB pada 1973-1974, 1995-1997, dan 2007-2008. (nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jadi Anggota DK PBB, JK Sebut RI Fokus pada Perdamaian Dunia : https://ift.tt/2JL8R7G

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jadi Anggota DK PBB, JK Sebut RI Fokus pada Perdamaian Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.