Search

Unggah Video, Trump Ucapkan Terima Kasih Kepada PM Singapura

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunggah video singkat yang menggambarkan kunjungannya ke Istana Singapura, jelang pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

"Terima kasih Perdana Menteri Lee Hsien Loong!" tulis dia dalam twit yang menyertakan video tersebut, Senin (11/6).

Dalam video, tampak saat iring-iringan Trump tiba di Istana, disambut oleh Lee. Presiden AS kemudian menandatangani buku tamu dan berjabat tangan dengan pemimpin Singapura.


Keduanya tampak akrab, dilanjutkan pertemuan di meja panjang di mana anggota delegasi kedua negara duduk saling berhadapan. Trump bertemu Lee sehari sebelum tatap muka perdana dengan Kim yang akan digelar di Singapura, Selasa besok.

Sementara itu, Kim telah lebih dulu bertemu dengan Lee, beberapa jam setelah ia tiba di Singapura, Minggu.

Dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura, Trump disebut bersedia berkunjung kembali ke negara tersebut pada November nanti.

"Perdana Menteri Lee Hsien Loong melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Amerika Serikat Donald J Trump di istana hari ini, diikuti jamuan kerja," bunyi pernyataan itu.

"PM Lee dan Presiden Trump berdiskusi soal masalah luas terkait perkembangan kawasan dan global. Kedua pemimpin menegaskan hubungan baik antara Singapura dan AS soal ekonomi, pertahanan dan keamanan."

Setelah bertemu PM Lee, Trump kemudian menemui para pejabat kedutaannya di Singapura.

Sementara itu, masih belum ada kabar kegiatan anggota delegasi Korea Utara maupun Kim Jong-un, selain pertemuan antara anggota delegasi untuk mempersiapkan pertemuan bersejarah besok.

Pertemuan Kim dan Trump akan jadi pertama kalinya dalam sejarah pemimpin kedua negara bertatap muka secara langsung.

Hubungan keduanya sempat memanas sepanjang 2017 lalu, ketika Korut terus melakukan uji coba rudal dan nuklirnya. Saat itu, Kim dan Trump kerap silih melontarkan hinaan hingga ancaman perang.

Di saat yang sama, Korea Selatan tengah dipimpin Presiden Moon Jae-in yang lebih mengedepankan pendekatan lunak terhadap negara tetangganya. Secara resmi, dua Korea masih berstatus musuh perang.

Keinginan Moon disambut perubahan mendadak Kim yang pada pidato akhir tahunnya menyatakan ingin memperbaiki hubungan dengan Korsel. Setelah itu, kedua negara sepakat memulai proses damai dan berdialog dengan pihak AS.

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Unggah Video, Trump Ucapkan Terima Kasih Kepada PM Singapura : https://ift.tt/2JzpLTg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Unggah Video, Trump Ucapkan Terima Kasih Kepada PM Singapura"

Post a Comment

Powered by Blogger.