Search

Hampir 500 Ribu Vaksin DPT Kualitas Rendah diproduksi China

Jakarta, CNN Indonesia -- Kantor berita pemerintah China Xinhua melaporkan bahwa satu perusahaan farmasi di negara itu memproduksi hampir 500 ribu vaksin untuk bayi berkualitas rendah.

Angka yang disebutkan oleh kantor berita ini berlipat ganda dari perkiraan pihak berwenang yang menyelidiki kasus ini sebelumnya.

Pengawas obat China pada Juli lalu menuduh Changseng Bio-technologi menjual 253.600 dosis vaksin DPT tak efektif yang diperlukan bayi untuk mencegah penyakit difteri, pertusis dan tetanus.


Namun Xinhua mengatakan pada Rabu (15/8) bahwa penyelidikan lebih lanjut menemukan bahwa perusahaan itu telah memproduksi lagi satu kelompok produksi vaksin DPT standar rendah sehingga jumlah totalnya mencapai 499.800.

"Pelanggaran hukum atau aturan (oleh perusahaan) dan personelnya akan diganjar hukuman berat. Pihak berwenang setempat dan departemen yang bertanggung jawab atas pengawasan juga akan dimintai pertanggung jawaban atas kelalaian tugas," kata Xinhua.

Changsheng belum memberi tanggapan atas berita ini.

Xinhua mengatakan tim penyelidik menemukan kelompok produksi pertama vaksin berjumlah 252.600 dosis dijual di provinsi Shandong.

Kurang dari sepersepuluh kelompok produksi kedua vaksin yang berjumlah 247.200 dosis dijual di provinsi Anhui sementara sisanya dijual di Shandong.

Xinhua melaporkan sekitar 76 persen anak-anak yang divaksin dengan kelompok vaksin buruk pertama telah ditangani, dan anak-anak yang mendapat vaksin kelompok produksi vaksin buruk kedua itu pun direncanakan akan segera diobati.

China melakukan pemeriksaan mendadak terhadap produsen vaksin dalam upaya mengatasi kemarahan warga setelah Changsheng ditemukan telah memalsukan data vaksin rabies dan memproduksi vaksin berkualitas rendah bagi bayi di negara itu.

Pemerintah China telah memerintahkan penangkapan 18 orang petinggi perusahaan farmasi yang berbasis di kota Changchun sementara saham milik pemegang saham terbesar telah dibekukan. (yns)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Hampir 500 Ribu Vaksin DPT Kualitas Rendah diproduksi China : https://ift.tt/2Pca08c

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hampir 500 Ribu Vaksin DPT Kualitas Rendah diproduksi China"

Post a Comment

Powered by Blogger.