Search

Trump Ucapkan Selamat untuk Presiden Terpilih Brasil

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengucapkan selamat kepada Jair Bolsonaro, tokoh sayap kanan yang baru saja memenangkan pemilihan umum presiden Brasil pada Minggu (28/10).

"Presiden Trump menelepon presiden terpilih Brasil, Bolsonaro, untuk mengucapkan selamat kepadanya dan rakyat Brasil atas pemilu hari ini," ujar juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, sebagaimana dikutip AFP.

"Keduanya menyampaikan komitmen kuat untuk bekerja sama meningkatkan kehidupan rakyat Amerika Serikat dan Brasil, dan sebagai pemimpin kawasan, bagi orang Amerika."

Dalam pemilu kemarin, Bolsonaro berhasil meraup 55,7 persen suara dari 88 persen yang sudah dihitung. Lawannya, Fernando Haddad dari Partai Pekerja, meraih 44,3 persen.

Selama ini, Bolsonaro sendiri kerap dijuluki "Trump Tropis" karena sering melontarkan pernyataan kontroversial yang merendahkan perempuan, kulit hitam, dan kelompok gay.

Meski demikian, mantan pemimpin tentara Brasil ini dianggap dapat memanfaatkan amarah rakyat atas korupsi, kejahatan, dan penyalahgunaan ekonomi.

Kesuksesan Bolsonaro ini pun dikhawatirkan dapat memicu Brasil bergerak dari kecenderungan nasionalis ke haluan kanan. (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Trump Ucapkan Selamat untuk Presiden Terpilih Brasil : https://ift.tt/2CKuy3S

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Ucapkan Selamat untuk Presiden Terpilih Brasil"

Post a Comment

Powered by Blogger.