Search

Turki Minta Tersangka Kasus Khashoggi Diekstradisi dari Saudi

Jakarta, CNN Indonesia -- Turki mengajukan permintaan resmi untuk mengekstradisi 18 tersangka kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi dari Arab Saudi.

"Institusi Turki bertekad dan berwenang untuk mengungkap masalah ini. Permintaan ekstradisi ini seharusnya dikabulkan karena insiden menjijikan itu terjadi di Turki," ujar Menteri Kehakiman Turki, Abdulhamit Gul, sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu, Jumat (26/10).

Gul mengatakan bahwa semua dokumen permintaan ekstradisi sudah dikirimkan oleh kementeriannya ke Kementerian Luar Negeri Turki.

Sebelumnya, Presiden Recep Tayyip Erdogan juga sudah meminta agar tersangka kasus Khashoggi ini diadili di Turki mengingat insiden itu terjadi di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul.

"Insiden ini terjadi di Istanbul, jadi tim yang terdiri dari 18 orang ini harus diadili di Istanbul," ujar Erdogan dalam pidatonya di hadapan parlemen, Selasa (23/10).

Selain itu, Erdogan juga menganggap proses peradilan ini harus dilakukan oleh tim yang imparsial dan "Turki akan mengusut masalah ini hingga tuntas."

Dalam pidato itu, Erdogan juga mengungkap pergerakan tim Saudi beranggotakan 15 orang yang diduga dikirim langsung dari Saudi untuk mengeksekusi rencana pembunuhan ini.

Kini, Erdogan kembali mempertanyakan pihak mana yang menjadi dalang di balik pembunuhan ini.

"Siapa yang memberikan perintah? Siapa yang memberikan perintah kepada 15 orang ini untuk datang ke Turki?" tanya Erdogan.

[Gambas:Video CNN]

Penyelidik Turki sendiri sudah membocorkan identitas 15 orang tersebut. Beberapa orang dari tim itu disebut-sebut sebagai orang dekat Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman.

Saudi sendiri juga mengakui bahwa pembunuhan kolumnis The Washington Post ini memang terencana. Namun, mereka terus berkeras pemerintah tak ikut campur dalam plot pembunuhan ini. (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Turki Minta Tersangka Kasus Khashoggi Diekstradisi dari Saudi : https://ift.tt/2O7j1xv

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Turki Minta Tersangka Kasus Khashoggi Diekstradisi dari Saudi"

Post a Comment

Powered by Blogger.