Search

Abu Sayyaf Bantai 9 Warga Sipil di Filipina

Militan Abu Sayyaf dilaporkan menewaskan sembilan warga sipil dan melukai 10 lainnya saat mereka menyerang sebuah kota di Filipina, pada Senin (21/8) dini hari.

Polisi Filipina melaporkan sebanyak 60 orang militan Abu Sayyaf itu membakar rumah warga kemudian melepaskan rentetan tembakan di Pulau Basilian, selatan Mindanao.

“Ini merupakan aksi terorisme dan pengecut. Ketika pasukan kami membalas tembakan mereka dalam bentrokan selama 45 menit, mereka merasa terdesak dan kemudian kabur,” kata kepala polisi lokal John Cundo kepada AFP.

“Namun yang kami sesalkan, wanita dan anak-anak ikut menjadi korban dalam serangan ini, karena saat serangan terjadi pada dini hari, mereka sedang tidur,” tambah Cundo.


Para militan itu membakar empat rumah dan sebuah pusat penitipan anak di Kota Maluso.

“Saat ini polisi dan militer tengah memburu mereka,” sebut Cundo.

Saat ini, sebut Cundo, warga sipil telah dievakuasi dari rumah mereka dan otoritas setempat telah mengirimkan lebih banyak pasukan guna mengamanankan wilayah.

Di sisi lain, insiden itu terjadi setelah militer Filipina menyelamatkan sandera Abu Sayyaf asal Vietnam yang telah diculik selama sembilan bulan di Basilan.

Abu Sayyaf merupakan jaringan militan yang terbentuk pada tahun 1990an dengan dana dari jaringan teroris Al-Qaidah pimpinan Osama bin Laden.

Hingga saat ini kelompok militan tersebut kerap melakukan penculikan warga asing dengan tebusan.


Salah satu faksi Abu Sayyaf di Basilan bahkan sudah berbaiat pada ISIS.

Belum jelas faksi mana yang terlibat dalam penyerangan di Maluso, kendati beberapa anggotanya juga menduduki Marawi, yang kini masih terus bentrok dengan pasukan keamanan Filipina.

Konflik Marawi di sisi lain telah menewaskan 700 orang dan membuat 400 ribu warga kehilangan tempat tinggal.

Konflik di Marawi telah berlangsung selama empat bulan dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte menetapkan darurat militer hingga akhir tahun 2017 di selatan Mindanao guna memberangus militan di wilayah tersebut.

(les)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Abu Sayyaf Bantai 9 Warga Sipil di Filipina : http://ift.tt/2ww1ZUy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Abu Sayyaf Bantai 9 Warga Sipil di Filipina"

Post a Comment

Powered by Blogger.