Search

Korsel Latihan bersama AS di Tengah Ancaman Rudal Korut

Korea Selatan mulai kembali latihan militer bersama Amerika pada Senin (21/8), di tengah ketegangan situasi kawasan karena ancaman rudal Korea Utara.

Sehari sebelumnya, Korut mengancam akan menyerang AS tanpa ampun karena menggelar latihan tersebut. Ancaman itu ditujukan kepada wilayah Amerika di Pasifik hingga daratan utama di seberang samudera.

Di sisi lain, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan latihan tersebut murni bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan tidak bermaksud meningkatkan ketegangan.

"Tidak ada maksud untuk meningkatkan ketegangan militer di semenanjung Korea karena latihan ini digelar setiap tahun dan bersifat pertahanan," kata Moon di hadapan menteri-menteri kabinetnya, dikutip Reuters.

"Korea Utara tidak boleh melebih-lebihkan upaya kita untuk mempertahankan kedamaian atau terlibat dalam provokasi yang bakal memperkeruh suasana, menggunakan latihan ini sebagai alasan."

Latihan itu akan digelar hingga 31 Agustus nanti dan melibatkan simulasi komputer yang didesain untuk mempersiapkan perang dengan tetangga bersenjata nuklirnya, Korea Utara.

Amerika Serikat juga sama-sama menyebut latihan itu hanya untuk tujuan bertahan. Namun media pemerintah Korut menganggap istilah itu hanya "kedok tipuan."

"Latihan ini untuk mempersiapkan seandainya peristiwa besar terjadi dan kita harus melindungi Korea Selatan," kata Michelle Thomas, juru bicara militer AS.

Korea Utara memandang latihan tersebut sebagai persiapan invasi. Selama ini, negara tersebut berulang kali menembakkan rudal dan melakukan aksi-aksi lain bertepatan dengan kegiatan tersebut.

Korea Selatan dan Utara secara teknis masih dalam status berperang karena pertempuran antara kedua negara berakhir dengan gencatan senjata dan bukan perdamaian, 1953 silam.

Perkembangan cepat Korea Utara dalam mengembangkan rudal nuklir yang bisa mencapai daratan utama telah memicu ketegangan kawasan. Perserikatan Bangsa-Bangsa pun berulang kali menjatuhkan sanksi terhadap negara terisolasi itu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Korsel Latihan bersama AS di Tengah Ancaman Rudal Korut : http://ift.tt/2uX6MPq

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korsel Latihan bersama AS di Tengah Ancaman Rudal Korut"

Post a Comment

Powered by Blogger.