Search

JK: Bendera Indonesia Terbalik Tak Pengaruhi Hubungan Negara

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memastikan kasus bendera Indonesia terbalik di buklet SEA Games 2017 tidak memengaruhi hubungan diplomatik dengan Malaysia.

Menurutnya, hal tersebut semata merupakan kesalahan teknis karena kontrol tidak ketat di proses pencetakan.

“Ini hanya kontrol di percetakan yang tidak paham. Mungkin nantinya ini bisa lebih teliti, ini kan masalah ketelitian,” ujar JK di sela Indonesian Diaspora Global Summit, Jakarta, Senin (21/8).

Ia menyebut pemerintah Malaysia tidak mungkin melakukan kesalahan itu dengan sengaja. Pemerintah RI pun tidak menuntut hal lain dari Malaysia terkait insiden ini.

“Kalau mereka sudah minta maaf, apa lagi? Pemerintah menerima dengan tangan terbuka, semua pihak bisa melakukan kesalahan,” katanya.

Lebih lanjut, JK berharap warga Indonesia bisa lebih tenang dalam menyikapi hal tersebut, menyusul semarak tanda pagar #ShameOnYouMalaysia di media sosial.

Pemerintah Malaysia melayangkan permintaan maaf secara resmi tidak lama setelah mengetahui bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017 pada halaman 80.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia Khairy Jamaluddin juga telah menemui dengan Menpora RI Imam Nahrawi untuk menyampaikan permohonan maaf secara langsung.

Gambar bendera Indonesia terbalik ada di bagian daftar negara peserta yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Pada bagian itu tertulis Indonesia menjadi tuan rumah pada 1979, 1987, 1997, dan 2011.

Buku panduan tersebut dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8).

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan JK: Bendera Indonesia Terbalik Tak Pengaruhi Hubungan Negara : http://ift.tt/2vg6wWW

Bagikan Berita Ini

0 Response to "JK: Bendera Indonesia Terbalik Tak Pengaruhi Hubungan Negara"

Post a Comment

Powered by Blogger.