Search

Kronologi Dua Teror di Barcelona

Setidaknya 13 tewas sementara lebih dari 100 lainnya terluka karena dua serangan terpisah yang terjadi di Barcelona dan Cambrils.

Dua serangan teror di kawasan wisata tersebut dilakukan dengan cara sama, yaitu menabrakkan mobil ke kerumunan van. Berikut kronologi peristiwa yang terjadi pada Kamis (17/8) sore tersebut.

Teror Pertama (Barcelona)

- Pada pukul 04.50 sore waktu setempat, mobil van Fiat menerobos sekumpulan pejalan kaki dan pesepeda di di Las Ramblas, Barcelona. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan padat turis yang biasanya diwarnai aksi-aksi seniman jalanan hingga larut malam. Saksi mata menggambarkan terjadi kepanikan dan kekacauan di lokasi kejadian, dengan tubuh-tubuh bergelimpangan sementara ratusan coba menyelamatkan diri.

- Van sempat melaju 500 meter ketika menerobos kerumunan sebelum akhirnya berhenti di depan mosaik milik artis Joan Miro. Mobil terhenti karena menabrak kios.

- Pengemudi van kemudian melarikan diri tanpa kendaraan.

- Polisi memerintahkan seluruh restoran dan toko yang berada di area untuk diamankan sehingga kurang lebih 600 pengunjung terkunci hingga pemeriksaan selesai.

- Beberapa jam kemudian, kepolisian Spanyol menangkap dua orang terkait kasus Barcelona di tempat terpisah, yaitu satu berkebangsaan Maroko yang diamankan di kota Ripoll dan satu orang Spanyol keturunan Afrika Utara ditangkap di Alcanar. Belum diketahui peran keduanya dalam serangan di Barcelona.

- Polisi menemukan mobil van kedua di kota Vic. Mobil yang ditelantarkan ini disewa dari tempat yang sama dengan van yang digunakan untuk serangan Las Ramblas.

- Pemerintah daerah Katalonia menyatakan korban tewas dan korban luka serangan Las Ramblas berasal dari 24 negara.

Teror Kedua (Cambrils)

- Di Cambrils, kota yang terletak 120 KM di selatan Barcelona, mobil Audi A3 juga menabrak pejalan kaki sehingga enam terluka. Satu korban kini berada dalam kondisi kritis.

- Polisi kemudian menembak empat tersangka sementara pelaku kelima meninggal karena luka-luka.

- Polisi menyatakan sedang menguji hipotesis bahwa serangan di Cambrils terkait pada teror di Las Ramblas, Barcelona. </span> (vws)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kronologi Dua Teror di Barcelona : http://ift.tt/2w6CXvA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kronologi Dua Teror di Barcelona"

Post a Comment

Powered by Blogger.