Search

Menlu AS Sebut Korut Menunjukkan Sikap Baik

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson memberi sinyal pemerintahannya terbuka untuk berdialog dengan Korea Utara, sehari setelah Pyongyang kembali melontarkan ancaman terhadap Washington.

"Saya pikir perlu dicatat, kita tidak melihat peluncuran peluru kendali atau aksi-aksi provokatif dari, atau tindakan provokatif, dari pihak Korea Utara sejak resolusi Dewan Keamanan" menjatuhkan sanksi terhadap Pyongyang pada 5 Agustus lalu, kata Tillerson di kantornya, Selasa (23/8).

"Saya senang melihat rezim di Pyongyang mengendalikan sikap," ujarnya sebagaimana dikutip CNN. "Kami berharap ini adalah sinyal yang selama ini kita inginkan, bahwa mereka siap untuk menahan tindakan provokatif. Dan mungkin kita melihat jalan di masa yang akan datang untuk mengadakan dialog."

Tillerson melontarkan komentar itu sehari setelah Amerika Serikat melaksanakan latihan militer bersama tahunan dengan Korea Selatan. Dia juga berbicara hanya selang beberapa jam setelah Kementerian Keuangan menjatuhkan sanksi baru terhadap firma Rusia dan China yang berbisnis dengan Korut sehingga bisa mendanai program rudalnya.

Ketegangan di Asia meningkat pada Juli, setelah Korea Utara menguji coba dua rudal balistik antarbenua alias ICBM yang secara teori bisa mencapai daratan utama Amerika. Peluncuran itu memicu suara bulat Dewan Keamanan PBB untuk menjatuhkan sanksi yang memangkas sepertiga dari $3 milyar pemasukan Korut.

Kemudian ketegangan memuncak di awal Agustus setelah Presiden Donald Trump mengancam akan menghujani Korut dengan "api dan kemarahan yang belum pernah ada di dunia" jika pemerintahan Kim Jong-un terus mengancam Amerika Serikat. Pyongyang merespons dengan lebih banyak ancaman, termasuk sumpah untuk meluncurkan empat rudal wilayah AS di Pasifik.

Sehari sebelum AS dan Korsel menggelar latihan tahunannya, Korut memperingatkan bahwa AS memicu risiko "fase tak terkendali dari perang nuklir." Media pemerintah Korea Utara menyatakan bahwa militer negaranya bisa menyerang AS kapanpun juga dan semua wilayah AS tidak akan bisa menghindari "serangan tanpa ampun" yang siap diluncurkan.

Namun, sebagaimana ditunjukkan Tillerson, Korut masih belum mengambil langkah militer. "Saya ingin mencatat dan mengakui itu," kata Tillerson. "Kita harus melihat lebih banyak hal seperti ini tapi saya juga ingin mengakui langkah yang mereka ambil sejauh ini."

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Menlu AS Sebut Korut Menunjukkan Sikap Baik : http://ift.tt/2wmdIp7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menlu AS Sebut Korut Menunjukkan Sikap Baik"

Post a Comment

Powered by Blogger.