Search

PBB: Konflik Tak Sengaja dengan Korut Sangat Mungkin Terjadi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru saja kembali dari Korea Utara untuk berbicara dengan pihak pemerintahan Kim Jong-un mengatakan dirinya "sangat khawatir dengan langkah tak disengaja yang mengarah kepada konflik."

Jeffrey Feltman, warga Amerika yang menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal bidang hubungan politik, mengatakan kepada CNNbahwa dia khawatir akan "kurangnya komunikasi" dan "risiko tinggi terjadinya semacam miskalkulasi."

Feltman adalah pejabat tertinggi PBB yang mengunjungi Pyongyang sejak 2011. Dia menghabiskan lebih dari 15 jam berbicara dengan sejumlah petinggi Korut, termasuk Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho. Feltman sebelumnya menjabat sebagai asisten menteri luar negeri AS.

"Kurangnya rasa kepercayaan berarti mereka harus mengandalkan penangkalan--artinya penangkalan militer--alih-alih dialog diplomatik di jangka pendek," ujarnya.

Untuk jangka panjang, kata Feltman, Korut memahami pentingnya diplomasi.

"Saya rasa itu setidaknya untuk aspirasi jangka panjang. Mereka mengerti bahwa mesti ada denuklirisasi Semenanjung Korea, bahwa mesti ada semacam kesepakatan berdasarkan solusi diplomatik."

Para pejabat Korut, kata Feltman, "cukup terfokus pada pernyataan dari Washington."

Feltman mengatakan di mengingatkan para pejabat Korea Utara bahwa program nuklir dan peluru kendali mereka bukan hanya perhatian Amerika Serikat, tapi seluruh masyarakat global, sebagaimana ditunjukkan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Rudal dan nuklir Korut membuat pejabat PBB khawatir.Rudal dan nuklir Korut membuat pejabat PBB khawatir. (REUTERS/KCNA)
Dia mengatakan bahwa para pejabat Korea Utara sangat terlibat dalam pembicaraan ini.

"Saya sudah menjalani berbagai pertemuan diplomatik di mana salah satu pihak atau kedua pihak hanya membacakan poin-poin dan memberikan monolog panjang satu sama lain yang berisi penegasan posisi atau polemik atau ketidaksepakatan yang sebenarnya sudah diketahui.

"Itu bukan yang terjadi kali ini. Mereka mendengarkan dengan sangat seksama pada poin-poin yang kami sampaikan selama empat setengah hari berada di Pyongyang."

"Saya tidak tahu apakah mereka akan menerima apapun yang kami sampaikan. Tapi mereka memberikan perhatian yang baik saat kami menjelaskan mengapa masyarakat internasional sangat khawatir."

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan PBB: Konflik Tak Sengaja dengan Korut Sangat Mungkin Terjadi : http://ift.tt/2C9NsOe

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PBB: Konflik Tak Sengaja dengan Korut Sangat Mungkin Terjadi"

Post a Comment

Powered by Blogger.