Search

Diduga Korupsi, Eks-Presiden Korsel Lee Myung-bak Ditahan

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Korea Selatan ke-17 Lee Myung-bak ditahan kepolisian atas tuduhan korupsi, Jumat (23/3).

Presiden Korsel periode 2008-2013 itu didakwa sejumlah kasus termasuk penyuapan, penyalahgunaan wewenang, penggelapan uang, hingga penghindaran pajak.

Dalam tayangan yang disiarkan secara langsung di televisi,  Lee, yang mengenakan jas berwarna gelap dan dasi, keluar dari rumahnya menuju sebuah mobil hitam yang didampingi kendaraan polisi.

Mobil yang ditumpangi Lee tak lama terlihat memasuki Pusat Tahanan Kota Seoul Timur. Dilansir AFP, kantor berita Yonhap melaporkan pria 76 tahun itu akan menjalani tes kesehatan sebelum berganti pakaian tahanan.

Penahanan dilakukan setelah Pengadilan Distrik Kota Seoul mengeluarkan surat perintah penahanan Lee pada Kamis (22/3) setelah penyidik beberapa kali menginterogasinya pekan lalu.

Melalui pernyataan, pengadilan mengatakan penahanan Lee diperlukan karena sebagian besar tuntutan didasari oleh bukti kuat. Penahanan juga dilakukan untuk mencegah kemungkinan Lee memusnahkan barang bukti penyelidikan.

Sebelum di tahan Lee berkeras membantah seluruh tudingan yang mengarah kepadanya. Namun, sebelum ditahan, Lee mengaku menyesali perbuatannya.

"Saya tidak menyalahkan orang lain. Semua ini adalah kesalahan saya dan saya merasa menyesal," kata Lee melalui surat yang difoto dan diunggah di akun Facebooknya.

"Dengan penangkapan ini, saya berharap penderitaan yang dihadapi keluarga dan orang-orang yang selama ini bekerja dengan saya akan berkurang," lanjutnya.

Lee dituding menerima suap dan memberi pengampunan terhadap pemimpin Grup Samsung Lee Kun-hee pada 2009 lalu yang dihukum karena penggelapan pajak.

Pria itu juga dituduh menerima uang jutaan dolar dari mantan CEO sebuah grup perbankan untuk membantu pengangkatannya.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Lee juga diduga menerima US$100 ribu dari agen mata-mata negara dan menggelapkan jutaan uang dari sebuah perusahaan suku cadang mobil milik kerabatnya.

Lee merupakan mantan presiden Korsel keempat yang ditangkap atas tuduhan korupsi.

(nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Diduga Korupsi, Eks-Presiden Korsel Lee Myung-bak Ditahan : http://ift.tt/2GeGg94

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diduga Korupsi, Eks-Presiden Korsel Lee Myung-bak Ditahan"

Post a Comment

Powered by Blogger.