Search

Lee Myung-bak, Presiden Korsel ke-4 yang Dibui Karena Korupsi

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Korea Selatan ke-17 Lee Myung-bak ditahan, Jumat (23/3). Sehari sebelumnya Pengadilan Distrik Seoul telah mengeluarkan surat perintah penangkapan.

Presiden periode 2008-2013 itu didakwa atas serangkaian kasus penyuapan, penyalahgunaan wewenang, penggelapan uang, hingga penghindaran pajak.

Dikutip AFP, Lee ditahan setelah pengadilan mempertimbangkan bahwa serangkaian tuduhan terhadap Lee telah didasari bukti kuat. Hakim pengadilan juga mengatakan penahan dilakukan guna meminimalisir kemungkinan Lee memusnahkan bukti penyelidikan.

Setelah Chun Do-hwan, Roh Tae-won, dan Park Geun-hye, Lee menjadi mantan presiden Korsel keempat yang ditahan karena tuduhan korupsi.

Jauh sebelum berkiprah di politik, Lee pernah menjabat sebagai CEO salah satu perusahaan terbesar di Korsel, Hyundai, pada 1970-1990.


Pria 76 tahun itu mulai terjun ke politik pada 1992 saat terpilih sebagai anggota parlemen Korsel. Pada 1998 dia kembali terpilih dalam Majelis Nasional namun mengundurkan diri demi bersaing di pemilihan Gubernur Seoul.

Pada 2007, Lee mengumumkan pencalonan dirinya sebagai Presiden Korsel. Saat itu pula Lee telah dihujani sejumlah tudingan korupsi.

Dilansir kantor berita Yonhap, dia memenangkan pemilihan umum presiden 2008 dengan capaian suara 49 persen mengalahkan pesaing terdekatnya Chung Dong-young yang hanya mampu meraih 26 persen suara.

Kepemimpinan Lee sudah diuji tak lama setelah dirinya dilantik sebagai presiden. Saat itu, sebagian warga berdemo memprotes kebijakan Lee yang berkeras melanjutkan impor daging sapi di tengah maraknya wabah penyakit sapi gila bermunculan.

Terlepas apakah penyakit gila bisa dibuktikan secara ilmiah, fenomena tersebut menyebabkan Lee dipandang tidak peduli terhadap keamanan warganya. Persepsi publik itu semakin memburuk ketika kesenjangan pendapatan warga terus membesar di tengah krisis ekonomi global.

Lee juga semakin diuji ketika pendahulunya, Roh Moo-hyun, bunuh diri pada Mei 2009. Roh memutuskan mengakhiri hidup dengan melompati tebing di belakang rumahnya setelah dituding korupsi dan menjalani sejumlah interogasi.

[Gambas:Video CNN]

Pendukung Roh menyalahkan Lee atas kematian presiden ke-16 itu karena mempermalukannya dengan memanfaatkan penyelidikan.

Meski begitu, selama lima tahun menjabat presiden, Lee terkenal akan kebijakannya terkait proyek normalisasi Sungai Cheonggyecheon.

Lee juga dikenal berhasil merombak sistem transportasi publik yang memungkinkan perpindahan angkutan dari bus ke kereta bawah tanah dengan tarif yang lebih murah bahkan gratis. (nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Lee Myung-bak, Presiden Korsel ke-4 yang Dibui Karena Korupsi : https://ift.tt/2GiJFUg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lee Myung-bak, Presiden Korsel ke-4 yang Dibui Karena Korupsi"

Post a Comment

Powered by Blogger.