Search

Puluhan Kapal China Gelar Latihan Perang di LCS

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan kapal angkatan laut China dilaporkan menggelar latihan perang di dekat Kepulauan Hainan yang terletak di perairan sengketa Laut China Selatan.

Latihan ini terpantau dari citra satelit milik Planet Labs Inc yang diambil dan dilihat Reuters pada Senin (26/3).

Citra satelit itu memperlihatkan setidaknya 40 kapal dan kapal selam mengawal kapal induk Liaoning dalam operasi latihan perang tahunan.

Menurut sejumlah analis, ini adalah ajang pamer yang tak biasanya dilakukan oleh angkatan laut China.

Kapal-kapal itu berlayar beriringan dengan formasi satu baris, dianggap lebih mirip propaganda ketimbang manuver militer.

Ahli keamanan dari Institut Studi Strategis Middlebury, Jeffrey Lewis, mengatakan bahwa citra tersebut untuk pertama kalinya mengonfirmasi kehadiran kapal induk pembawa pesawat dalam latihan itu.

"Gambar ini sangat menakjubkan. Ini adalah berita besar bagi saya. Konfirmasi bahwa kapal induk ikut serta dalam latihan ini," ujar Lewis kepada Reuters.

Senada dengan Lewis, ahli keamanan dari Sekolah Studi Internasional Rajaratnam, Collin Koh, mengatakan bahwa pengerahan China ini memang tidak biasa.

"Melihat dari citra ini, tampaknya mereka ingin memamerkan bahwa elemen Armada Laut Selatan secara rutin bergabung dengan kelompok penyerang dari Dalian di utara," ucap Koh.

Melanjutkan pernyataannya, Koh berkata, "Tampaknya mereka ingin memperlihatkan interoperabilitas antar-armada, hal yang terus diupayakan oleh angkatan laut China secara diam-diam selama ini."

Latihan angkatan laut tahunan China memang sangat diperhatikan oleh publik internasional, terutama setelah kapal induk Liaoning beberapa kali terlihat berlayar di Laut China Selatan.

China mengklaim hampir 90 persen wilayah di Laut China Selatan, tumpang tindih dengan klaim sejumlah negara lain, seperti Vietnam, Brunei, dan Malaysia. (has)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Puluhan Kapal China Gelar Latihan Perang di LCS : https://ift.tt/2pIAnY6

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puluhan Kapal China Gelar Latihan Perang di LCS"

Post a Comment

Powered by Blogger.