Search

Kotak Hitam Pesawat Alaska Airlines Ditemukan

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim penyelidik Amerika Serikat menemukan kotak hitam berisi data penerbangan pesawat Alaska Airlines yang dicuri Russell, seorang petugas bandara Seattle pada Jumat (10/8) lalu.

Pesawat turboprop Horizon Air berkapasitas 76 kursi itu diterbangkan Russell tanpa izin dari Bandara Internasional Seattle-Tacoma dan jatuh di Pulau Ketron, sekitar 40 kilometer setelah lepas landas.

Kepala Dewan keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Wilayah Barat Pasifik Debra Eckrote mengatakan kepada CNN bahwa kotak hitam pesawat ditemukan terbakar tetapi masih dalam keadaan utuh dan lengkap.


Sementara itu, pesawat ditemukan hancur dan terbakar setelah jatuh menghempas pepohonan setinggi 30 meter di sebuah pulau tak berpenghuni, Pula

"Anda semua bahkan tidak akan menyangka bahwa itu adalah serpihan pesawat kecuali bagi puing-puing besar pesawat yang hancur seperti pada bagian sayapnya," ucap Eckrote seperti dikutip AFP, Senin (13/8).

Eckrote mengatakan tim penyelidik akan mengirim kotak hitam tersebut ke Washington DC pekan ini untuk diteliti.

Sebelum jatuh, Russell sempat menerbangkan pesawat itu secara tidak stabil selama kurang lebih satu jam. Dua jet F-15 bahkan sempat dikerahkan untuk mengejar Russell, namun tak melontarkan tembakan apa pun.

Pejabat militer melaporkan tidak ada seorang pun yang terluka atau tewas selain Russell sendiri.

Otoritas AS mengesampingkan dugaan terorisme dalam insiden tersebut. Pihak berwenang memutuskan bahwa pria 29 tahun itu melakukan aksinya sendiri dengan dugaan ingin bunuh diri.

Russell diketahui bekerja di Horizon Air, maskapai yang berafiliasi dengan Alaska Airlines, sejak 2015 lalu. Tugasnya selama ini antara lain terkait bongkar-muat barang dan kargo hingga membersihkan pesawat.

Berdasarkan blog pribadinya yang terakhir diperbarui pada Desember 2017, Russell tampak menikmati pekerjaannya itu. Dia juga menadapat keuntungan perjalanan menggunakan maskapai itu ke sejumlah negara seperti Irlandia dan Perancis.

Russell juga seorang pemimpin komunitas pemuda Kristiani di lingkungannya, Young Life.

"Dia [Russell] sangat ramah, otomoatis mau menerima orang masuk ke dalam lingkungannya," ucap Hannah Holmes salah satu anggota Young Life kepada The Seattle Times.

Sementara itu, keluarga Russell menganggap peristiwa itu sebagai suatu "yang sangat mengejutkan."

"Mungkin sulit bagi orang-orang yang hanya menonton berita di televisi untuk percaya, tapi Beebo [sapaan Russell] adalah seseorang yang hangat dan penuh kasih," kata keluarga melalui sebuah surat.

"Kami benar-benar tercengang dan patah hati oleh insiden ini. Dia [Russell] adalah suami yang setia, putra yang penuh kasih, dan seorang teman yang baik."

[Gambas:Video CNN] (stu)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kotak Hitam Pesawat Alaska Airlines Ditemukan : https://ift.tt/2Mn09xy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kotak Hitam Pesawat Alaska Airlines Ditemukan"

Post a Comment

Powered by Blogger.