Search

Australia Tunjuk Deputi PM Baru Pengganti Barnaby Joice

Jakarta, CNN Indonesia -- Michael McCormack, salah satu anggota Partai Nasional, ditunjuk menjadi Wakil Perdana Menteri Australia menggantikan Barnaby Joyce yang mengundurkan diri karena terjerat skandal seksual.

McCormack ditunjuk oleh partainya yang merupakan koalisi dari partai berkuasa, Partai Liberal, dalam pemilihan partai, Senin (26/2). Pria 53 tahun itu dikenal memiliki pandangan konservatif yang sangat menentang keras kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

"Kami adalah partai yang menjunjung petani dan pengusaha kecil. Kami ingin memastikan hal ini tetap berlanjut dan itu hanya bisa dilakukan dengan hubungan yang dekat dengan Partai Liberal," kata McCormack kepada wartawan di Canberra usai memenangkan voting.

"Saya berharap untuk berdiskusi dengan Perdana Menteri Malcolm Turnbull dalam waktu dekat," lanjutnya.


Popularitas McCormack disebut tidak sepopuler Joyce, namun anggota parlemen sejak 2010 itu dianggap dapat memulihkan hubungan Partai Nasional dan Liberal yang merenggang karena skandal Joyce.

Nama Joyce terus menjadi berita utama media di Australia sejak dua pekan terakhir, setelah terungkap dugaan bahwa dia meninggalkan istri yang sudah menemaninya selama 24 tahun terakhir demi berhubungan dengan mantan penasihat medianya, Vikki Campion, yang kini mengandung anaknya.

Belakangan, Joyce juga dituding terlibat pelecehan seksual meski pria 50 tahun itu berkeras membantahnya.

Kemenangan McCormack disebut telah diperkirkan sebelumnya terutama setelah sejumlah kandidat dari Partai Nasional lainnya mengundurkan diri. Dalam voting itu McCormack berhadapan dengan anggota parlemen perwakilan daerah Maverick Queensland, George Christensen, yang akhirnya kalah suara.


Sebagaiaman dikutip AFP, sampai saat ini jumlah penghitungan suara tidak dipublikasikan.

Sebelum terjun ke politik, lebih dari dua dekade lalu, McCormack merupakan seorang editor koran lokal. Dia pernah menulis kolom opini yang menggambarkan bahwa homoseksual merupakan "tindakan mesum dan kotor".

Namun, pandangannya belakangan mulai berubah terutama ketika dirinya mendukung amandemen Undang-Undang Pernikahan untuk melegalkan serikat kaum gay.

(nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Australia Tunjuk Deputi PM Baru Pengganti Barnaby Joice : http://ift.tt/2oy515k

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Australia Tunjuk Deputi PM Baru Pengganti Barnaby Joice"

Post a Comment

Powered by Blogger.