Search

Kampanye DK PBB, Menlu RI Tengok Kontingen Garuda di Lebanon

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan mengunjungi Kontingen Garuda, pasukan perdamaian asal Indonesia dalam naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Lebanon, 25-26 Februari mendatang.

Lawatan dilakukan sebagai bagian dari kampanye Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Satu nilai tambah dari kunjungan Bu Menlu adalah menunjukkan komitmen pemerintah untuk berkontribusi pada perdamaian yang selalu kita dengungkan, apalagi saat ini Indonesia sedang berkampanye mengenai pencalonan diri sebagai anggota tidak tetap DK PBB," kata Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Kemlu RI, Grata Endah Werdaningtyas kepada awak media di Jakarta, Kamis (22/2).

Selama dua hari, Retno akan mengunjungi Batalion Infanteri Indonesia di Adshits Alqusayr, Lebanon Selatan, dan Pasukan Garuda yang bertugas di bawah UN Maritime Task Force di Pelabuhan Beirut.

Selain untuk melihat situasi dan mengetahui tantangan yang dihadapi pasukan perdamaian PBB di lapangan, Menlu RI juga akan berdialog dengan anggota Kontingen Garuda.

Menlu RI pun akan melakukan inspeksi kelengkapan alat-alat pertahanan pasukan Garuda di sana.


Kontingen Garuda di Lebanon adalah misi pasukan perdamaian Indonesia yang terbesar. Jumlahnya mencapai 1.290 orang. Setelah Lebanon, kontingen pasukan perdamaian Indonesia terbesar kedua ditempatkan di Darfur, Sudan (UNAMID).

Saat ini, Indonesia merupakan 10 negara penyumbang pasukan perdamaian terbesar di PBB. Sekitar 2.700 pasukan Garuda yang ikut dalam 9 misi perdamaian PBB di berbagai belahan dunia.

Indonesia berencana untuk mengirimkan 4.000 orang untuk misi perdamaian PBB.

Menurut Grata, selain menunjukkan komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia, kunjungan Retno merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap Kontingen Garuda.

Selain menengok pasukan Kontingen Garuda, Retno juga berencana untuk bertemu dengan Menlu Lebanon, Gebran Bassil. Namun hingga kini belum ada kepastian dari Lebanon soal rencana pertemuan tersebut.

[Gambas:Video CNN](nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kampanye DK PBB, Menlu RI Tengok Kontingen Garuda di Lebanon : http://ift.tt/2sOocgu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kampanye DK PBB, Menlu RI Tengok Kontingen Garuda di Lebanon"

Post a Comment

Powered by Blogger.