Search

Trump Ancam Tembak Imigran Gelap Beringas di Perbatasan

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump mengancam akan menembak setiap imigran yang melempar batu kepada tentara yang ditugaskan di perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko.

Trump mengklaim sekelompok dari ribuan imigran asal negara Timur Tengah tersebut telah melempari personel keamanan Meksiko di perbatasan.

Kepada wartawan di Gedung Putih, Trump mengatakan ribuan prajurit AS yang ia kerahkan ke perbatasan bisa menembak ribuan imigran tersebut jika mereka memaksa masuk Negeri Paman Sam Apalagi jika sambil melempari batu dan perbuatan kekerasan lainnya.

"Kami tidak akan membiarkan itu terjadi. Mereka (imigran) ingin melempari batu-batu kepada militer kita, militer kita harus melawan mereka," ucap Trump pada Kamis (1/11).

"Saya memerintahkan mereka (tentara AS) menganggap setiap (batu yang dilempar imigran) sebagai senapan. Ketika mereka (imigran) melempar batu seperti yang mereka lakukan kepada militer dan polisi Meksiko, saya katakan militer AS menganggapnya sebagai senapan."

Menjelang pemilihan Kongres AS pada 6 November mendatang, Trump terus mengkampanyekan ide-idenya, terutama terkait kebijakan imigrasi.

Trump berulang kali mengatakan fokusnya saat ini adalah menekan gelombang ribuan imigran ilegal Meksiko dan dari beberapa negara Amerika Tengah lainnya, seperti Honduras. Para imigran tersebut sebagian besar ingin masuk ke AS demi melarikan diri dari kemiskinan dan tingkat kehidupan yang rendah di negara asal.

Trump mengatakan mulai saat ini AS akan menghentikan kebijakan yang mengizinkan warga asing mengklaim suaka politik di perbatasan, kecuali bagi mereka yang telah masuk dengan dokumen resmi.

Trump memaparkan para imigran ilegal yang ditangkap di perbatasan akan ditahan di tenda-tenda atau fasilitas lainnya sampai permintaan masuk mereka diterima otoritas AS. Jika ditolak, para imigran tersebut akan dideportasi.

Sejumlah pihak menganggap tindakan Trump tersebut ilegal karena melanggar undang-undang. Namun Trump berkeras kebijakannya itu sah.

"Ini benar-benar legal. Kami menghentikan orang-orang di perbatasan. Ini (gelombang imigran ilegal) adalah invasi, dan tidak ada yang mempertanyakan hal itu," papar Trump.

Trump menegaskan dia tidak memiliki sentimen anti-imigran, tetapi menginginkan masalah imigrasi AS sepenuhnya terkendali.

"Gelombang imigrasi yang tidak terkontrol sangat tidak adil bagi banyak imigran yang menaati aturan dan menunggu giliran mereka," papar Trump seperti dikutip AFP.

"Beberapa (imigran) telah menunggu selama bertahun-tahun. Beberapa telah menunggu lama Mereka telah melakukan segalanya dengan sempurna, dan mereka akan masuk." (rds/ayp)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Trump Ancam Tembak Imigran Gelap Beringas di Perbatasan : https://ift.tt/2P6inWi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Ancam Tembak Imigran Gelap Beringas di Perbatasan"

Post a Comment

Powered by Blogger.