Search

Kim Jong Un Punya Paspor Brasil Palsu

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Korea UtaraKim Jong Un dan almarhum ayahnya Kim Jong Ildilaporkan nemiliki dan menggunakan paspor Brasil palsu. Lima sumber keamanan senior Eropa Barat mengatakan kepada Reuters bahwa keduanya gunakan paspor tersebut untuk pengajuan visa kunjungan ke negara-negara Barat di tahun 1990an.

Meski telah diketahui keluarga penguasa Korea Utara tersebut menggunakan dokumen perjalanan palsu, tidak pernah ada bukti spesifiknya. Fotokopi paspor Brasil yang dilihat Reuters ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

"Mereka menggunakan paspor Brazil ini, yang dengan jelas memperlihatkan foto Kim Jong Un dan Kom Jong Il, untuk mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata seorang sumber keamanan senior yang tidak disebut namanya kepada Reuters, Rabu (28/2).

"Ini menunjukkan keinginan untuk bepergian dan usaha keluarga penguasa itu untuk membuat rute yang memungkinkan untuk kabur," tambahnya.

Kedutaan Korea Utara di Brasil menolak untuk berkomentar. Di sisi lain, kementerian luar negeri Brasil menyatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut.

Seorang sumber di Brazil yang tidak mau disebut namanya mengatakan keabsahan kedua paspor dipertanyakan, lantaran saat dikirim untuk diterbitkan konsulat dalam kondisi paspor kosong.

Empat sumber keamanan senior Eropa lainnya memastikan bahwa dua paspor Brasil berfoto para Kim atas nama Josef Pwang dan Ijong Tchoi pernah digunakan untuk pengajuan visa di setidaknya dua negara Barat. Tidak jelas apakah ada visa yang pernah dikeluarkan.

Kedua paspor kemungkinan pernah digunakan untuk bepergian ke Brasil, Jepang dan Hongkong, kata sumber tersebut.

Pada 2011, surat kabar Jepang Yomiuri Shimbun mengabarkan bahwa saat kecil Jong Un berkunjung ke Jepang menggunakan paspor Brasil di tahun 1991. Ini terjadi sebelum tanggal penerbitan kedua paspor Brasil tersebut.


Josef Pwang

Kedua paspor 10 tahun tersebut memuat cap "Kedutaan Besar Brasil di Praha" beserta tanggal penerbitan 26 Februari 1996. Nara sumber keamanan berkata dengan teknologi pengenalan wajah, foto terkait cocok dengan Kim Jong Un dan ayahnya.

Paspor dengan foto Jong Un menggunakan nama Josef Pwang dan bertanggal lahir 1 Februari 1983.

Begitu sedikit yang diketahui tentang Jong Un sampai tanggal lahirnya juga diperdebatkan. Pada saat paspor Brasil itu keluar, perkiraan umurnya adalah 12 sampai 14 tahun.

Jong Un diketahui mengeyam pendidikan di sekolah internasional Berne, Swiss. Disana dia berpura-pura menjadi anak seorang sopir kedutaan.


Paspor Jong Il dicetak dengan nama Ijong Tchoi dengan tanggal kelahiran 4 April 1940. Jong Il meninggal dunia di tahun 2011. Tahun lahir aslinya adalah 1941.

Kedua paspor mencantumkan tempat kelahiran pemegangnya di Sao Paulo, Brazil.

Sumber Reuters menolak untuk menjelaskan dari mana mendapatkan fotokopi kedua paspor. Dengan hanya melihat fotokopinya, Reuters tidak dapat memastikan apakah telah ada perubahan dalam berkas tersebut.

(nat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kim Jong Un Punya Paspor Brasil Palsu : http://ift.tt/2FDFgIO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kim Jong Un Punya Paspor Brasil Palsu"

Post a Comment

Powered by Blogger.