Search

Ratusan Demonstran Ditangkap di Teheran, Lima Petugas Tewas

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Iran menyatakan lima petugas keamanan tewas dan sekitar 300 demonstran ditangkap dalam sebuah bentrokan dengan anggota kelompok religius di Teheran.

Rekaman video di media sosial menunjukkan bentrokan antara polisi antihuru-hara dan anggota Gonabadi, kelompok penganut Sufi yang dipandang sebagai ancaman bagi pemerintah Syiah.

Para demonstran sempat berkumpul di depan kantor polisi di utara Teheran, menuntut agar beberapa anggota sektenya yang ditahan dibebaskan.

Sebuah video di media sosial menunjukkan sebuah bus panjang menabraki sekitar 40 polisi di jalanan yang sempit. Juru bicara polisi Saeed Montazer al-Mahdi mengatakan tiga polisi tewas dalam insiden itu.

Dua anggota Basij, kelompok relawan bersenjata di bawah komando Garda Revolusi, juga tewas, kata Montazer al-Mahdi dikutip kantor berita ISNA, sebagaimana dilaporkan Reuters, Selasa (20/2).

"Seorang ditabrak mobil dan seorang lainnya ditikan," kata dia.

DIa mengatakan lebih dari 300 orang telah ditangkap, termasuk dua pengemudi "kendaraan maut" tersebut.

Video lain dari media sosial menunjukkan polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan demonstran. Ada pula foto anggota kelompok tersebut yang berdarah-darah di bagian wajah.

Menurut Majzooban, situs yang terkait dengan Sufi Gonabadi, sejumlah demonstran ditembak oleh polisi. Situs itu juga melaporkan beberapa orang yang terluka ditahan di Rumah Sakit.

Gambar-gambar di media Iran menunjukkan para demonstran membakar mobil dan motor.

Menurut Center for Human Rights in Iran (CHRI), kelompok nirlaba yang berbasis di New York, sejumlah anggota kelompok Sufi itu telah ditangkap dalam dua bulan terakhir.

Organisasi itu menyebut 10 anggota kelompok terluka dan lainnya ditahan di kota Kowar, provinsi Fars, pada 14 Januari setelah polisi menyerang demo yang menunutut pembebasan penganut Sufi lain.

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ratusan Demonstran Ditangkap di Teheran, Lima Petugas Tewas : http://ift.tt/2ocrUf3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Demonstran Ditangkap di Teheran, Lima Petugas Tewas"

Post a Comment

Powered by Blogger.