Search

Wiranto Minta Kemlu Selesaikan Masalah 15 WNI Diduga ISIS

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wirantomeminta Kementerian Luar Negeri menyelesaikan masalah 15 WNI diduga ISISyang ditahan pasukan Kurdi di Suriah.

"Itu kewajiban Menlu (Retno Marsudi) akan selesaikan dengan baik, tentu kerjasama dengan BNPT dan kepolisian," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (27/2).

"Itu kan sudah bolak-balik saya sampaikan, itu harus selesai dengan baik," ujarnya.

Kabar ini bermula dari laporan kelompok pemerhati HAM, Human Rights Watch (HRW), yang menyebut masih ada sedikitnya 800 warga asing terduga ISIS ditahan pasukan Kurdi di Suriah utara, termasuk 15 perempuan Indonesia dan seorang warga Malaysia

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Lalu Muhammad Iqbal menyatakan pihaknya "mengetahui informasi terkait keberadaan 15 WNI yang ditahan di kamp yang samam dengan 18 WNI yang telah lebih dulu tahun lalu."

"Informasi ini sudah kami dapatkan sejak Oktober lalu," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Iqbal juga mengatakan pemerintah belum bisa memberikan bantuan kemanusiaan ke lokasi tersebut karena situasi keamanan yang tidak memungkinkan.

Saat ini, ISIS sudah kehilangan sebagian besar wilayahnya di Irak dan Suriah. Kini, otoritas setempat tengah menangani warga asing mantan anggota atau keluarga anggota kelompok teror tersebut. 

(aal)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Wiranto Minta Kemlu Selesaikan Masalah 15 WNI Diduga ISIS : http://ift.tt/2CpGVDh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wiranto Minta Kemlu Selesaikan Masalah 15 WNI Diduga ISIS"

Post a Comment

Powered by Blogger.