Search

Jaksa Saudi Tiba di Istanbul untuk Usut Kasus Khashoggi

Istanbul, CNN Indonesia -- Jaksa penuntut Arab Saudi dilaporkan tiba di Ibu Kota Istanbul, Turki, pada Senin (29/10), untuk menyelidiki kematian Jamal Khashoggi, wartawan pengkritik Raja Salman.

Kantor berita Anadolu melaporkan jaksa penuntut Saudi akan memeriksa kantor konsulat Saudi di Istanbul, tempat Khashoggi tewas setelah sebelumnya dinyatakan hilang tiga pekan lalu.

Selain itu, jaksa Saudi juga dikabarkan akan bertemu dengan kepala jaksa Istanbul meski belum jelas waktu pertemuan keduanya.

Sejauh ini, jaksa Turki juga telah mempersiapkan permintaan ekstradisi 18 tersangka yang telah di tangkap otoritas Saudi sebagai bagian dari penyelidikan.

Dikutip Reuters, belasan tersangka itu termasuk 15 orang dari tim khusus, yang menurut pemerintah Turki sengaja dikirim ke Istanbul oleh dengan misi membunuh Khashoggi.

Ankara juga menyatakan pihaknya telah berbagi informasi penyelidikan Khashoggi bersama sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Perancis, dan Rusia.

Setelah sempat menyangkal, Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas di dalam konsulatnya di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Meski begitu, Riyadh menegaskan bahwa pemerintah tidak terlibat dalam konspirasi pembunuhan tersebut,

Saudi menganggap pembunuhan Khashoggi merupakan "sebuah kesalahan sangat besar" yang dilakukan "pihak-pihak" di luar otoritas dan tanggung jawab mereka.

Saudi bersumpah akan menyelidiki secara menyeluruh insiden ini.

Raja Salman secara terbuka menyebut pembunuhan Khashoggi sebagai peristiwa menjijikkan.

Sementara jaksa Saudi untuk pertama kalinya pada pekan lalu menyatakan pembunuhan Khashoggi telah direncanakan sebelumnya, berdasarkan bukti-bukti hasil penyelidikan aparat Turki. (rds)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jaksa Saudi Tiba di Istanbul untuk Usut Kasus Khashoggi : https://ift.tt/2z8AKPL

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaksa Saudi Tiba di Istanbul untuk Usut Kasus Khashoggi"

Post a Comment

Powered by Blogger.